Minggu, 28 Agustus 2016

masih nyambung sama posting sebelum ini, masih berbau kelulusan. 
setelah skripsi, timbul pertanyaan baru yaitu...'abis lulus mau ngapain?'emang beneran deh ya, orang indonesia itu mau ikut campur aja urusan orang. baru juga selesai kuliah udah ditanya mau ngapain, kerja? nikah? sekolah lagi? kalo gue mah jawabnya...mau ngaso dulu! capek bok abis skripsian setengah idup (bukan setengah mati), mau istirahat sejam-dua jam dulu masa gak boleh sih. hih.

 
abis lulus mau ngapain? 

menanggapi pertanyaan tersebut, jawaban temen-temen gue beda-beda. 
program kuliah gue adalah kuliah akademik 4 tahun dengan program lanjutan profesi atau program klinik atau bahasa awamnya program koass selama satu tahun. jadi total pendidikan kita lima tahun. tapi gue cukup terkejut ketika beberapa teman memiliki rencana hidup yang berbeda. 
seorang teman berencana untuk menikah, seorang lagi berencana untuk kerja. ada yang sudah diterima kerja, ada yang masih harus cari pekerjaan. ada juga yang membangun pekerjaan baru. semua jawabannya beragam. jujur gue kaget karena sejak awal sebelum pendidikan ini dimulai sudah ditekankan pentingnya mengikuti program profesi oleh pihak kampus. tapi nyatanya masih ada teman-teman yang berhenti hanya sampai tahap akademik. ketika ditanya kenapa, jawabannya pun sama beragamnya. mulai dari terdapat kendala di berbagai macam aspek, sampai jawaban yang paling umum adalah 'tidak passion di bidang ini'. lalu, bagaimana dengan gue? 

  
 kerja, nikah, kuliah lagi, atau melanjutkan skripsi yang 
belum selesai 

gue termasuk orang yang membiarkan semua berjalan dengan alami. let it flow bahasa kerennya. itu artinya gue akan dengan lapang dada mengikuti program profesi setahun kedepan. tapi apa iya gue mau ikut profesi cuma karena ikutan flow aja?
menurut kalian, apakah terdengar lebay kalo gue bilang: gue sudah jatuhh cinta dengan profesi ini? berlebihan kah? 
gue gatau apakah gue bisa menjadi perawat profesional yang hebat kaya Florence Nightingle, gue juga gatau apa gue bakal bisa ambil AGD dalam satu kali tusukan. tapi yang gue tau, gue suka dengan profesi ini. buat gue alasan itu aja sudah lebih dari cukup untuk melanjutkan profesi ini dan membawanya ke tingkat yang lebih serius.

 kita semua pemberani! 

karena profesi ini bukan profesi yang mudah, maka gue sadar orang-orang yang sejak awal tidak passion disini mungkin memang tidak akan bisa melanjutkannya. God create special women and make them nurses, katanya sih. makanya, gak sembarang orang bisa 'tahan' di profesi ini. 

 Hidup Mahasiswa!

sementara gue masih harus menunggu satu tahun untuk selesai bergelar 'mahasiswa', untuk sebagian temen gue ajang kelulusan ini berarti benar-benar 'lulus'. benar-benar keluar dari dunia kampus menanggalkan gelar mahasiswa dan menuju dunia yang asli. serem banget gak sih bok ngebayanginnya? it gives me chill, like seriously.
 

gue bukan orang yang suka kejutan. gue gak suka ketidakpastian. gue gak suka digantungin (lho?). 
jalan hidup gue untuk setahun kedepan paling gak udah 'terjamin'. profesi, namanya. jadi kalo ada yang rese nanya, abis lulus mau ngapain? Profesi. jawab langsung, beres. tapi kalau temen-temen gue yang itu ditanya, jawabannya kan belum pasti. mau kerja, tapi belum tau kerja dimana. atau bahkan ada yang belum memutuskan mau kerja atau mau lanjut sekolah lagi. diombang-ambing. 

bagi gue, ketidakpastian yang seperti itu cukup menakutkan untuk diri gue. gue pernah nanya sama seorang temen, lo takut gak dengan ketidakpastian kaya gini? dia bilang rasa takut itu pasti ada. apalagi bakal masuk ke dunia kerja yang kita sama sekali gak paham kaya apa bentuknya, jelas aja takut. tapi cepat atau lambat kita semua pasti harus memasuki masa itu, katanya. jadi dia siap aja menghadapi apapun nantinya yang akan terjadi. 

mendengar jawaban temen gue itu gue jadi ngerasa tertampar. apa yang dia bilang adalah benar. gue juga sooner or later pasti akan masuk ke dunia kerja. cumaaa sekarang lagi kebetulan aja punya waktu lebih untuk menyiapkan diri, yaitu setahun lagi di profesi ini.

 

karena itu, posting kali ini gue dedikasikan untuk teman-teman gue yang sangat pemberani dalam mengambil resiko dan menghadapi ketidakpastian. kalian sungguh berani mampu dengan jujur men-state 'saya tidak passion di bidang ini' dan mundur dengan terhormat. kalian sungguh berani karena walaupun tidak passion, kalian sempat menyelesaikan studi ini sampai akhir, untuk membuktikan tanggung jawab terhadap orangtua. kalian sungguh berani untuk keluar dari comfort zone di kampus dan terbang menuju dunia yang baru.
 

walaupun mulai saat ini pertemuan mungkin akan menjadi sulit karena pekerjaan, profesi, kuliah lanjutan atau bahkan pernikahan, tapi gue akan selalu berdoa untuk kalian. agar kalian bahagia, sehat, dan diberi kedamaian di dalam hati dimanapun kalian berdiri. karena kalian adalah orang-orang pemberani dan gue harap gue juga mempunyai keberanian yang sama jika sudah saatnya tiba. 


kepada teman-temanku yang memutuskan untuk bekerja, kuliah lagi, menikah, maupun yang dengan berani mengambil keputusan untuk melanjtkan skripsi yang belum selesai, kalian adalah kebanggaanku dan akan selalu menjadi individu-individu favoritku.
 

terbanglah yang tinggi, teman-temanku dimanapun kalian berada. 
tebarkanlah manfaat yang banyak, berkaryalah yang bebas, dan tersenyumlah lebih banyak. sampai kita jumpa di belahan dunia yang lain. 

 FIK UI 2012: Cerdas!

sampai jumpa dalam episode kehidupan berikutnya 

sayang kalian <3 br="">

Tidak ada komentar:

Posting Komentar