Minggu, 03 Maret 2013

Dilema Tiga Organisasi

sekarang ini gue sering galau. iya, galau. G-A-L-A-U. tapi galau disini bukan galau yang yang kaya biasanya. bukan gara-gara cinta atau sesuatu yang cengeng-cengeng. gue galau gara-gara organisasi. 

jadi ceritanya semester ini accidently, gue ngikut tiga organisasi. pertama, UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) tingkat universitas yaitu Suma UI (Suara Mahasiswa UI). ini semacam pers mahasiswa gitu. ukm ini udah gue tekunin dari semester lalu karena ya lo tau sendirilah, gue suka nulis dan pengen ngembangin tulisan gue. kedua, gue ikut BEM fakultas. yep, gue apply buat bem dan ternyata keterima. terus, entah gimana ceritanya, tiba-tiba nama gue masuk dalam daftar anggota LDF (Lembaga Dakwah Fakultas). nah loh. 

awalnya gue pikir tiga organisasi masih bisa gue tangain tapi belakanga gue baru tau ternyata tiga organisasi  itu BANYAK YAH!! bukan banyak. tapi BANYAK!!! oke abaikan, gue mulai histeris. 

setiap minggunya gue pasti dismsin sama masing-masing organisasi untuk kumpul. ya rapatlah, ya deadline lah. DEAD. LINE. innalillahi....... 

masalahnya, tiga organisasi yang gue ikutin itu beda ideologi dan pandangan semua. sebagai reporter di suma gue dituntut skeptis dan mempertanyakan semua hal. gue gak boleh gampang percaya sama omongan orang. dan kalo lo tau,yang ngebuat gue betah di suma adalaha iklim disana itu ngebuat kita sama rata. gak mandang siapa lebih tua dari siapa, kita ngobrol kaya orang seumuran aja. gak pake embel-embel "kak". dan itu asik banget. walopun kadang becandanya agak keterlaluan juga tapi gue banyak belajar disana. di suma gue juga belajar untuk gak takut sama para petinggi organisasi. kita mandang mereka sebagai sumber informasi, bukan sebagai petinggi yang harus dihormatin karena pers kan harus bebas dari tekanan.  

sedangkan di bem, gue dituntut untuk...ah entahlah. bem sangat ketat dengan struktur. siapa atasan siapa, dan kepada atasan-atasan itu kita harus hormat. karena gue udah lebih lama di suma yang gak suka maen 'hormat-hormatan' rasanya agak risih. jengah dan bete. suma ngajarin gue jangan gampang percaya sama petinggi organisasi dan gue sendiri adalah bagian dari organisasi itu. ironis gak? 

dan di ldf gue dituntut untuk jadi...orang baik. murah hati, sopan, selalu tersenyum, berbuat kebaikan yaaah semacam itulah. kalo yang ini namanya double ironis. di suma kaya yang udah gue bilang, kadang becandanya emang keterlaluan tapi karna kita mandang sama rata satu sama lain jadinya gak masalah. dan ini gak berlaku di ldf! setiap rapat harus di musola, setiap sms harus pke salam, dan banyak aturan lainnya. bukannya gue gak suka sama ldf, gue cuma gak suka sama sistem yang terlalu kaku. *sigh* 

kalo lo perhatiin, mungkin kesannya gue banding-bandingin bem & ldf sama suma ya? iya sih, gue juga ngerasa begitu secara suma adalah organisasi pertama yang gue ikutin sejak semester satu. tes masuknya pun susah dan panjang. gue udah perjuangin banyak banget buat suma jadi wajar kalo gue kaya gitu, iya gak? 

gue berasa bunglon. di suma gue skeptis, di bem gue apatis, di ldf gue orang baek-baek. dan asal lo tau, itu susah!!! bener-bener bikin frustasi. gue pengen ngomongin masalah ini sama seseorang biar bisa kasih solusi yang masuk akal tp gue bingung siapa yang harus gue ajak ngomong. menurut lo gimana? 

masih menyesuaikan frekuensi. harap bersabar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar